Get Adobe Flash player

HUBUNGI KAMI

Alamat: Lingkungan Fakultas Peternakan-Kampus UNUD Bukit Jimbaran Bali
Telp/Fax: 0361 703837
Email: farmasi.udayana[at]yahoo.co.id

KAMI DI FACEBOOK

AVICENA COMPETITION 2012 – Lomba Debat, Karya Tulis, Mading dan Poster Ilmiah

AVICENA COMPETITION 2012


I.  Latar Belakang Kegiatan

Farmasi merupakan salah satu jurusan yang bernaung di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Potensi dan prospek Farmasi di Bali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya cukup terbuka, karena seorang farmasis dapat berkecimpung dalam bidang industri, yaitu industri obat dan obat tradisional, industri makanan dan minuman, industri kosmetik, dan industri alat kesehatan. Seorang farmasis klinik dapat bekerja pada rumah sakit umum maupun khusus, apotek, serta laboratorium klinik. Dalam hal ini farmasis berperan sebagai mitra dokter dalam hal pemberian informasi obat. Selain itu seorang farmasis pada ruang lingkup forensik dapat menjalin mitra kerja sama dengan aparat kepolisian demi mengatasi masalah yang berkitan dengan forensik. Berangkat dari hal tersebut, perlu digali pemikiran dan potensi para pelajar dalam pengembangan profesi Farmasi, terutama kepada para pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Farmasi (HIMAFARMA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menyelenggarakan AVICENA COMPETITION sebagai ajang kompetisi untuk menyalurkan dan mengembangkan kreativitas dan sikap ilmiah para pelajar serta dapat meningkatkan pengetahuan terhadap perkembangan iptek khususnya di bidang farmasi sehingga Avicena Competition dijadikan sebagai program kerja tahunan dari Himafarma. Nama Avicena berasal dari nama seorang ahli pengobatan yang paling terkenal pada masa itu adalah seorang Persia yang bernama “Ibnu Sina” atau Avicena ( 980- 1037 AC). Masa ini juga menandai dimulainya era farmasi sebagai ilmu dan ditemukannya berbagai obat dan cara pembuatan obat. Tujuan dari diadakannya Avicena Competition adalah menumbuhkan minat baca, tulis, kualitas intelektual dan kecerdasan di kalangan pelajar, mengembangkan kepekaan sosial para pelajar dan menumbuhkan ketertarikan para pelajar terhadap dunia farmasi.

                 Avicena Competition pertama kali diselenggarakan pada  tanggal 30-31 Januari 2007 dengan menggandeng Undagi Farma, McD dan Radio Oz sebagai sponsor-sponsor yang mendukung Avicena Competition 2007 untuk mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Artikel Ilmiah untuk pelajar tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat se-Bali. Ketertarikan para pelajar terhadap Avicena Competition 2007 yang bertemakan “Dunia Farmasi di Masa Depan” terlihat dari banyaknya pendaftaran yang masuk yaitu sebanyak 30 judul karya tulis ilmiah dan 20 judul artikel ilmiah untuk tingkat pelajar SMA/SMK sederajat dan untuk tingkat pelajar SMP sebanyak 6 judul karya tulis ilmiah dan 11 judul artikel ilmiah.

 Pada tahun kedua penyelenggaraannya, Avicena Competition 2008 menggandeng Kimia Farma sebagai sponsor utama dan Phoenix Radio, McD, Radio Oz, Radio Cassanova, Gramedia, Toga Mas, Fren sebagai sponsor pendukung dengan mengangkat tema “Peran Farmasis dalam Peningkatan Mutu Kesehatan Masyarakat”. Lomba-lomba yang diselenggarakan adalah debat dan karya tulis ilmiah (LKTI) dengan sasaran peserta yaitu pelajar tingkat SMA/SMK sederajat se-Bali. Peserta yang terdaftar yang mengikuti perlombaan sebanyak 30 judul karya tulis ilmiah dan 35 tim debat (1 tim terdiri dari 3 orang).

      Di tahun berikutnya, kembali diselenggarakan Avicena Competition pada tanggal 4 Oktober 2009 yang mengangkat tema “Menggali Potensi Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Mutu Kesehatan Masyarakat”. Avicena Competition 2009 ini didukung oleh Simpati sebagai sponsor utama dan sponsor-sponsor pendukung yang berasal dari Kimia Farma, Bali Tangi, Phoenix Radio, Warung Mina, BTDC, RSU Ganesha, Star Photocopy, CV. Massa, Primagama, Gramedia, Toga Mas, McD, Guntur Radio, Maestro Photo dan Embrio Oik.Co. Pada penyelenggaraannya yang ketiga ini, Avicena Competition 2009 mengadakan lomba debat dan karya tulis tingkat pelajar SMA/SMK sederajat, namun tidak hanya diperuntukkan bagi para pelajar SMA/SMK sederajat se-Bali, Avicena Competition 2009 mulai berusaha untuk mengikutsertakan para pelajar SMA/SMK sederajat se-Lombok kedalam kompetisi ini dan diperkenalkan hadiah berupa piala bergilir atas nama Rektor Universitas Udayana, diharapkan dengan adanya piala bergilir ini minat peserta untuk mengikuti berbagai kategori lomba yang akan dilaksakan pada Avicena Competition 2009 dan tahun-tahun berikutnya dapat ditingkatkan. Avicena Competition 2009 diikuti oleh 24 judul karya tulis ilmiah dan 22 tim debat (1 tim terdiri dari 3 orang).

     Berlanjut kemudian pada tahun 2010, kembali diadakan Avicena Competition, tepatnya pada tanggal 9 dan 10 Oktober 2010. Pada Avicena Competition kali ini mengangkat tema “Menggali Kreativitas Diri dalam Usaha Peningkatan Kesehatan Remaja”. Adapun lomba yang diselenggarakan pada Avicena keempat ini adalah debat dan karya tulis tingkat pelajar SMA/SMK se-Bali dan Lombok, serta satu jenis lomba baru yang diadakan pada tahun ini, yaitu lomba poster ilmiah tingkat pelajar SMP se-Bali. Terselenggaranya lomba poster ini merupakan terobosan baru yang menunjukkan suatu langkah maju dalam pelaksanaan Avicena Competition setiap tahunnya. Dan lomba poster ini juga mendapat antusias yang baik dari para peserta. Avicena Competition 2010 diikuti oleh 16 judul karya tulis, 19 tim debat (1 tim terdiri dari 3 orang), dan 20 peserta poster. Seperti tahun sebelumnya, pada Avicena ini juga memperebutkan piala bergilir atas nama Rektor Universitas Udayana, piagam dan uang tunai. Acara ini juga disponsori oleh Kimia Farma dan Bali Tangi sebagai sponsor utama dan SSC, Gramedia, Fatigon Minuman, Phoenix Radio, Pak Oles, Toga Mas, Oik.Co, Embryo, J.Partner Computer, McD, BEM MIPA, dan Fakultas MIPA sebagai sponsor pendukung.

Pada tahun 2011 Avicena Competition memasuki penyelenggaraannya yang kelima yang diselenggarakan pada tanggal 17 dan 18 September 2011. Tema Avicena Competition yang diangkat kali ini adalah “Pendayagunaan Potensi Alam Yang Inovatif Guna Meningkatkan Kesehatan Masyarakat”. Untuk kategori lomba, pada Avicena tahun 2011 masih sama seperti tahun sebelumnya, yaitu LKTI untuk tingkat pelajar SMA/SMK se-Bali Lombok, debat untuk tingkat pelajar SMA/SMK se-Bali, dan poster ilmiah untuk tingkat pelajar SMA/SMK dan SMP se-Bali. Avicena Competition 2011 diikuti oleh 25  judul karya tulis, 20 tim debat (1 tim terdiri dari 3 orang), 24 peserta lomba poster tingkat SMP dan 15 peserta poster tingkat SMA/SMK. Jumlah peserta pada tahun 2011 ini telah menunjukan peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada Avicena Competition tahun kelima ini juga memperebutkan piala bergilir atas nama Rektor Universitas Udayana, piagam dan uang tunai. Acara ini disponsori oleh Acara ini juga disponsori oleh Kimia Farma dan Bali Tangi sebagai sponsor utama dan Club Minuman, PBF Cendo, Primagama, Star Fotocpy, Toga Mas, Phoenix Radio, Star Invasion, McD, Morodadi, Telkomsel, Bali Printing, BEM MIPA, dan Fakultas MIPA sebagai sponsor pendukung.

Pada tahun 2012 ini, Avicena Competition memasuki penyelenggaraannya yang keenam dengan mengadakan terobosan baru yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari Avicena Competition setiap tahunnya. Untuk kategori lomba, pada Avicena tahun ini ditambah menjadi 5 kategori lomba, yaitu LKTI dan debat untuk tingkat pelajar SMA/SMK, mading untuk tingkat pelajar SMA/SMK, poster digital untuk tingkat pelajar SMA/SMK dan poster lukis ilmiah untuk tingkat pelajar SMP. Diharapkan dengan diikutsertakannya kembali peserta dari tingkat SMP dapat memperkenalkan sejak dini pengetahuan tentang dunia farmasi kepada siswa-siswi SMP se-Bali khususnya dalam aspek kesehatan dengan harapan mereka akan memberikan perhatian lebih banyak terhadap kesehatan diri sendiri dan orang lain disekitar mereka yang sedikit demi sedikit mulai terabaikan. Adanya kategori lomba baru dapat menciptakan suasana perlombaan yang lebih baru dan kompetitif. Luasnya ruang lingkup lomba ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah para pelajar yang tertarik untuk mengikuti Avicena Competition. Dipilih lomba mading dan poster digital sebagai kategori lomba baru disebabkan karena adanya antusias dari para pelajar untuk menjadi peserta pada kategori lomba baru tersebut. Selain itu dengan adanya lomba tersebut diharapkan dapat menambah kreatifitas peserta dalam memperoleh, mengolah, dan menyampaikan ilmu pengetahuan yang mereka miliki dengan cara yang lebih inovatif dan kreatif.

Pada tahun ini selain menambah kategori lomba, terobosan yang dilakukan Avicena Competition 2012 adalah menambah regional lomba, yaitu menambah wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara. Terobosan ini sebelumnya telah direncanakan pada Avicena Competition 2011 namun tujuan tersebut belum dapat terealisasikan. Untuk itu pada tahun ini penambahan wilayah Jatim Nusra merupakan salah satu target yang diharapkan dapat tercapai. Penambahan wilayah ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan Jurusan Farmasi Universitas Udayana ke wilayah luar Bali sehingga menarik minat siswa-siswi luar wilayah Bali untuk melanjutkan pendidikannya ke Jurusan Farmasi Universitas Udayana.

Dewasa ini, persaingan dunia semakin berkembang pesat, terutama dalam pemanfaatan sains dan teknologi. Sains dan Teknologi telah melekat erat ke dalam setiap gaya hidup dan kehidupan modern, bahkan begitu pentingnya bagi pelajar, dan menjadi tuntutan dalam kehidupan professional kita. Pengetahuan dan keterampilan ilmu sains dan teknologi memungkinkan kita dapat memasuki berbagai bidang profesi, namun demikian tanpa dibarengi dengan pengembangan kreativitas pribadi maka keterampilan itu sendiri menjadi tidak berarti dan tidak menjamin dengan sendirinya masa depan yang cerah atau adanya pengembangan karir pribadi yang pasti. Penerapan sains dan teknologi dalam bidang kesehatan tentunya dapat meningkatkan kualitas bidang kesahatan itu sendiri. Pemanfaatan Sains dan Teknologi dapat mengembangkan kreatifitas termasuk mengembangkan keterampilan dalam pemecahan masalah (problem solving). Pada era sekarang tentunya pengembangan pola berpikir yang kreatif dan inovatif tersebut sangatlah diperlukan khususnya bagi para pelajar. Tentu pelajar merupakan suatu komponen vital yang harus selalu diasah kreativitasnya agar kelak dapat memajukan bangsa dan negara Indonesia dan mampu bersaing di dunia global. Oleh karena itu, Avicena Competition 2012 ini mengangkat tema “PEMANFAATAN SAINS DAN TEKNOLOGI SECARA INOVATIF DALAM BIDANG KESEHATAN”. Dengan tema ini, diharapkan antusiasme dari para peserta untuk menumbuhkan jiwa kompetitif dan persuasif yang positif dalam rangka upaya bersama meningkatkan kesehatan masyarakat. Dan Avicena Competition 2012 dapat menjadi salah satu wadah penyaluran kreativitas dan keterampilan intelektual para pelajar yang berwawasan lingkungan.

Hadiah yang diperebutkan dalam Avicena Competition 2012 antara lain Piala Bergilir atas nama Rektor Udayana, Piala Juara I, II dan III pada masing-masing kategori lomba, Uang Tunai (berkisar antara Rp 300.000,- hingga Rp 1.250.000,-) dan Piagam Penghargaan sebagai bukti sah keikutsertaan Avicena Competition 2012. Harapan dibalik penyelenggaraan Avicena Competition 2012 ini agar para pelajar memiliki ketertarikan untuk meneruskan pendidikan di jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana.


II. Tujuan Kegiatan

  1. Untuk menumbuhkan minat baca dan tulis di kalangan pelajar.
  2. Untuk menumbuhkan kualitas intelektual dan kecerdasan para pelajar.
  3. Untuk mengembangkan kepekaan sosial para pelajar.
  4. Untuk meningkatkan pemanfaatan sains dan teknologi dalam bidang kesehatan.
  5. Untuk menumbuhkan rasa ketertarikan para pelajar terhadap dunia farmasi.

 

III. Tema Kegiatan

“Pemanfaatan Sains dan Teknologi secara Inovatif dalam Bidang Kesehatan”

a. Lomba Karya Tulis Ilmiah ( LKTI ) dan Lomba Poster Digital

     Sub tema :

  1. Teknologi modern dalam pengolahan limbah obat.
  2. Penggunaan bioteknologi modern pada inovasi produk kesehatan.
  3. Pemanfaatan sains dan teknologi modern dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan.
  4. Pemanfaatan Biota Laut sebagai penunjang kesehatan
  5. Pemanfaatan sains dan  teknologi dalam  penerapan pola hidup sehat

b. Lomba Debat, Lomba Mading dan Lomba Poster Lukis Ilmiah

          Tema lomba ini sesuai dengan  tema umum kegiatan

IV. Ruang Lingkup Peserta

Lomba karya tulis ilmiah bersifat perorangan atau kelompok (maksimal 2 orang) wakil dari SMA/SMK sederajat se-Bali Jatim dan Nusra, lomba debat bersifat kelompok (terdiri dari 3 orang) wakil dari SMA/SMK sederajat se-Bali, lomba mading bersifat kelompok (terdiri dari 5 orang) wakil dari SMA/SMK sederajat se-Bali, lomba poster digital bersifat perorangan, wakil dari masing-masing SMA/SMK se-Bali Jatim dan Nusra dan lomba poster lukis ilmiah bersifat perorangan wakil dari masing-masing SMP se-Bali. Tiap kelompok dari lomba karya tulis dan tiap orang dari lomba poster digital dan poster lukis ilmiah hanya dapat mengirimkan 1 buah karyanya. Setiap peserta yang mendaftar tidak diperbolehkan mengikuti lebih dari 1 lomba dalam AVICENA COMPETITION 2012.

 

V. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan lomba ini diadakan 2 hari pada tanggal 15 dan 22 September 2012 bertempat di Gedung Widya Sabha, Gedung Rektorat Lantai 3, Gedung CCLE (depan perpustakaan UNUD) dan Gedung AS.

 

VI.  Ketentuan Teknis Lomba

 1. Lomba Debat

  1. Lomba debat menggunakan Bahasa Indonesia.
  2. Topik debat (mosi) diberikan beberapa saat sebelum debat dimulai (impromptu).
  3. Satu tim debat beranggotakan 3 orang.
  4. Pendaftaran peserta dilaksanakan pada tanggal 16-28 Juli 2012, disertai penyerahan slip pembayaran dan pendaftaran serta masing- masing orang menyerahkan 2 buah foto berwarna berukuran 3 x 4 dan selembar fotocopy kartu pelajar ke panitia lomba di sekretariat HIMAFARMA, Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengeahuan Alam, Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.
  5. Panitia akan menentukan 8 (delapan) kelompok peserta sebagai finalis berdasarkan penyisihan di hari pertama lomba Avicena Competition 2012. Babak penyisihan akan diadakan pada tanggal 15 September 2012. Waktu dan tempat lomba akan diumumkan selanjutnya oleh pihak panitia melalui pihak sekolah.
  6. Sebelum hari perlombaaan akan diadakan Technical meeting.
  7. Waktu dan tempat pelaksanaan lomba dapat berubah sewaktu- waktu. Perubahan akan dikonfirmasikan oleh panitia kepada peserta melalui pihak sekolah.
  8. Keputusan Panitia dan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  9. Tiap tim debat dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 140.000,00 dan disetorkan melalui rekening atau pembayaran langsung.

2. Lomba Karya Tulis Ilmiah

  1. Karya tulis yang diserahkan belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam kegiatan lain dan merupakan karya asli penulis.
  2. Lomba karya tulis ilmiah bersifat perorangan atau kelompok (maksimal 2 orang).
  3. Pendaftaran dimulai pada tanggal 16-28 Juli 2012.
  4. Karya tulis dijilid dan diserahkan kepada panitia rangkap empat dan satu buah dalam bentuk CD dimulai  pada tanggal 6 Agustus 2012, disertai slip pembayaran, slip pendaftaran dan dua buah foto berwarna berukuran 3 x 4 dan selembar fotocopy kartu pelajar ke panitia lomba di sekretariat HIMAFARMA, Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengeahuan Alam, Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung selambat- lambatnya tanggal 25 Agustus 2012.
  5. Penilaian pemenang meliputi

      Penilaian karya tulis 50 %

      Penilaian presentasi 50 %

  1. Panitia akan menentukan 6 (enam) judul karya tulis ilmiah yang akan mengikuti babak presentasi. Peserta yang lolos akan dihubungi secara langsung oleh pihak panitia.
  2. Technical meeting akan dilaksanakan pada waktu dan tempat yang telah ditentukan oleh panitia.
  3. Presentasi dilakukan pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan panitia, yaitu pada tanggal 22 September 2012. Saat presentasi finalis dilakukan perorangan, bila karya tulis ilmiah berkelompok dapat diwakili oleh satu pembicara atau bergantian.
  4. Waktu dan  tempat pelaksanaan lomba dapat berubah sewaktu-waktu. Perubahan akan dikonfirmasikan oleh panitia kepada peserta melalui pihak sekolah.
  5. Topik atau judul karya tulis yang dipilih bersifat bebas sepanjang tetap mengacu pada tema.
  6. Karya tulis ilmiah dapat berupa telaah berdasarkan kajian pustaka, hasil pengamatan, hasil penelitian laboratorium dan lan- lain.
  7. Sistematika penyusunan karya ilmiah yaitu dengan ketentuan minimal memuat pokok- pokok bahasan yang telah ditentukan panitia AVICENA COMPETITION 2012 dengan format terlampir.
  8. Panjang karya tulis maksimal 20 (dua puluh) halaman A4 (tidak termasuk cover, kata pengantar, daftar isi, lampiran, dan curriculum vitae) diketik 1,5 spasi dengan margin atas 4 cm, bawah  3 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, huruf Times New Roman, body text 12 point.
  9. Keputusan panitia dan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  10. Tiap Karya Tulis Ilmiah dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 125.000,- dan disetorkan melalui rekening atau pembayaran langsung pada saat pendaftaran.

  1. 3.      Lomba Mading
    1. Peserta adalah siswa SMA/SMK atau yang sederajat
    2. Peserta merupakan kelompok yang terdiri dari 5 orang yang berasal dari sekolah yang sama
    3. Sekolah diperbolehkan mengirim lebih dari 1 kelompok.
    4. Tiap kelompok dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000,00 dan disetorkan melalui rekening atau pembayaran langsung.
    5. Mading dibuat pada saat lomba dengan menggunakan tema khusus yang diberikan pada saat lomba.
    6. Waktu membuat mading adalah 4 jam yang dikerjakan di tempat lomba
    7. Mading tidak boleh memuat hal-hal yang bersifat SARA, kekerasan, pornografi, dan diskriminasi
    8. Layout mading berukuran 100×75 cm dengan isi :
      1. Laporan Utama (Wajib)
      2. Laporan Khusus (Wajib)
      3. Tajuk Rencana (Wajib)
      4. Profil (Wajib)
      5. Opini (Wajib)
      6. Karikatur (Wajib)
      7. Berita Hiburan
      8. Dan lain-lain
      9. Semua isi mading dibuat di tempat lomba dengan tema khusus sebagai acuan.
      10. Background mading berukuran bebas dan menyesuaikan dengan layout mading yang diperkenankan membawa yang sudah jadi.
      11. Peserta diperkenankan membawa artistik yang telah jadi ataupun setengah jadi pada saat lomba
  1. Pendaftaran peserta dilaksanakan pada tanggal 16-28 Juli 2012, disertai penyerahan slip pembayaran dan pendaftaran serta masing- masing orang menyerahkan 2 buah foto berwarna berukuran 3 x 4 dan selembar fotocopy kartu pelajar ke panitia lomba di sekretariat HIMAFARMA, Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengeahuan Alam, Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

  1. Peralatan dan bahan pembuatan mading dibawa sendiri oleh peserta, panitia tidak menyediakan bahan atau alat apapun. Peserta diharapkan membawa kabel rol(wajib), laptop, printer dan bahan pendukung (majalah, buku,dll).
  2. Kabel rol dikumpulkan pada saat technical meeting. Jumlah laptop juga dikonfirmasi pada saat technical meeting.
  3. Penjelasan terperinci mengenai teknis pelaksanaan lomba dilakukan pada saat technical meeting. Technical meeting dihadiri oleh dua orang perwakilan dari tiap kelompok beserta satu orang pendamping peserta/guru. Waktu pelaksanaan Technical meeting akan diinformasikan selanjutnya.

 

4. Lomba Poster Digital

1.  Poster dibuat sesuai tema, merupakan karya asli yang dapat dipertanggungjawabkan, belum pernah dilombakan dan dipublikasikan.

2.   Peserta hanya diperbolehkan membuat 1 buah poster.

3.   Pendaftaran dimulai pada tanggal 16-28 Juli 2012.

4.  Karya dibuat dengan menggunakan program komputer grafis/software desain grafis yang tersedia (freehand, coreldraw, photoshop, illustrator, dll).

5.  Format karya poster : Karya asli dibuat dengan ukuran 1754 x 2481 pixels (setara dengan 29,7 x 42 cm atau ukuran A3, 150 pixels/inch), posisi vertikal.

  1. Penyerahan karya poster :

-          Karya poster diprint dengan ukuran A3 (1 buah)

-          Dalam bentuk CD : berisi karya asli dan karya dalam format jpg, dilengkapi dengan nama peserta, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi, email peserta, asal sekolah, judul dan deskripsi singkat tentang poster yang dibuat.

  1. Penyerahan karya poster dimulai pada tanggal 6 Agustus 2012, disertai slip pembayaran, slip pendaftaran dan dua buah foto berwarna berukuran 3 x 4 dan selembar fotocopy kartu pelajar ke panitia lomba di sekretariat HIMAFARMA, Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengeahuan Alam, Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung selambat- lambatnya tanggal 25 Agustus 2012.
  2. Karya peserta yang telah diserahkan kepada panitia akan dinilai oleh juri dan 6 orang peserta terbaik akan mengikuti babak presentasi pada tanggal 22 September 2012. Tempat lomba akan diumumkan oleh pihak panitia melalui pihak sekolah.

  1. Penilaian pemenang meliputi

      Penilaian karya poster digital 60 %

      Penilaian presentasi 40 %

  1. Peserta yang lolos akan dihubungi secara langsung oleh pihak panitia.
  2. Keputusan panitia dan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  3. Panitia berhak mempublikasikan karya peserta, tetapi hak cipta tetap dimiliki pembuat karya.
  4. Tiap Poster Digital dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 60.000,- dan disetorkan melalui rekening atau pembayaran langsung pada saat pendaftaran.
  5. Technical Meeting akan dilaksanakan pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan panitia.

5. Lomba Poster Ilmiah

1.   Poster dibuat sesuai tema, merupakan karya asli yang dapat dipertanggungjawabkan, belum pernah dilombakan dan dipublikasikan.

2.   Setiap peserta hanya diperbolehkan membuat 1 poster.

3.  Technical meeting akan dilaksanakan pada waktu dan tempat yang telah ditentukan oleh panitia. Pendaftaran dimulai pada tanggal 16-28 Juli 2012.

4.   Pengerjaan poster langsung dilakukan saat hari pelaksanaan lomba untuk menghindari kecurangan dan menjaga keorisinalitas karya dalam proses pembuatan poster.

5.   Karya dibuat pada kertas berukuran A3.

6.   Di belakang setiap karya agar dicantumkan nama peserta, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi, email peserta, asal sekolah, judul dan deskripsi singkat tentang poster yang dibuat.

7.   Seluruh properti (alat tulis, pewarna, meja alas dll) yang dibutuhkan dalam pembuatan poster merupakan tanggung jawab peserta lomba. Panitia hanya menyediakan kertas A3 yang telah di cap resmi.

8.   Keputusan panitia dan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

9.  Panitia berhak mempublikasikan karya peserta, tetapi hak cipta tetap dimiliki pembuat karya.

10. Tiap Poster Ilmiah dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 55.000,- dan disetorkan melalui rekening atau pembayaran langsung pada saat pendaftaran.

VII. Hadiah dan Pemenang

  • Lomba Debat (Tingkat SMA/SMK)

      Juara I                         : Uang tunai Rp. 1.200.000,-, piagam* dan piala.

      Juara II                        : Uang tunai Rp. 1.000.000,-, piagam* dan piala.

      Juara III                      : Uang tunai Rp.    750.000,-, piagam*  dan piala.

      Juara Harapan             : Piagam.

  • Lomba Karya Tulis (Tingkat SMA/SMK)

      Juara I                         : Uang tunai Rp. 1.000.000,-, piagam* dan piala.

      Juara II                        : Uang tunai Rp.    750.000,-, piagam* dan piala.

      Juara III                      : Uang tunai Rp.    500.000,-, piagam* dan piala.

      Juara Harapan I           : Piagam.

      Juara Harapan II         : Piagam.

      Juara Harapan III        : Piagam.

  • Lomba Mading (Tingkat SMA/SMK)

      Juara I                         : Uang tunai Rp. 1.250.000,-, piagam* dan piala.

      Juara II                        : Uang tunai Rp. 1.000.000,-, piagam* dan piala.

      Juara III                      : Uang tunai Rp.    750.000,-, piagam*  dan piala.

  • Lomba Poster Digital (Tingkat SMA/SMK)

      Juara I                         : Uang tunai Rp. 500.000,-,  piagam* dan piala.

      Juara II                        : Uang tunai Rp. 300.000,-,  piagam* dan piala.

      Juara III                      : Uang tunai Rp. 150.000,- , piagam* dan piala.

      Juara Harapan I           : Piagam.

      Juara Harapan II         : Piagam.

      Juara Harapan III        : Piagam.

  • Lomba Poster Ilmiah (Tingkat SMP)

      Juara I                         : Uang tunai Rp. 300.000,-,  piagam* dan piala.

      Juara II                        : Uang tunai Rp. 250.000,-,  piagam* dan piala.

      Juara III                      : Uang tunai Rp. 125.000,- , piagam* dan piala.

      Juara Harapan I           : Piagam.

      Juara Harapan II         : Piagam.

      Juara Harapan III        : Piagam.

Keterangan* :Piagam Juara I, II dan III dapat dilampirkan saat pendaftaran PMDK Universitas Udayana Jalur Umum/Khusus di bidang akademik sebagai bukti prestasi ekstrakurikuler (kriteria penilaian 10 % dari keseluruhan nilai akhir seleksi PMDK Universitas Udayana).

IX. Kriteria Penjurian

  1. A.    Karya Tulis Ilmiah
  • Kesesuaian isi dengan judul
  • Judul tulisan
  • Kelugasan berbahasa
  • Kualitas pembahasan
  • Sistematika penulisan

Presentasi

  • Teknik presentasi
  • Penguasaan materi dan wawasan
  • Isi presentasi
  • Kecakapan menjawab pertanyaan dewan juri

  1. B.     Debat
  • Penguasaan materi dan wawasan
  • Kecakapan beragumentasi
  • Kekompakan kelompok
  • Pengendalian emosi
  • Ketepatan waktu

  1. C.    Mading
  • Teknik dan kesesuaian isi mading dengan tema dan judul
  • Kelengkapan isi
  • Ide atau gagasan
  • Komunikatif, informatif dan edukatif
  • Sistematika penulisan
  • Kelugasan berbahasa
  • Artistik dan kreatifitas

 

  1. D.    Poster Digital
  • Teknik dan kesesuaian isi poster dengan tema dan judul
  • Ide atau gagasan
  • Komunikatif, informatif, edukatif dan provokatif
  • Keunikan dan keselarasan

      Presentasi

  • Teknik presentasi
  • Penguasaan materi dan wawasan
  • Isi presentasi
  • Kecakapan menjawab pertanyaan dewan juri

 

  1. E.     Poster Ilmiah
  • Teknik dan kesesuaian isi poster dengan tema dan judul
  • Ide atau gagasan
  • Komunikatif, informatif, edukatif dan provokatif
  • Keunikan dan keselarasan

 

X. Panitia Pelaksana

Himpunan Mahasiswa Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana periode 2012 / 2013 dengan membentuk Panitia Pelaksana Lomba Debat, Karya Tulis Ilmiah, Mading, Poster Digital dan Poster Lukis Ilmiah 2012 (terlampir).

Comments are closed.