Program Studi Sarjana Farmasi


Profil Lulusan PS Sarjana farmasi

  1. Memiliki kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan kefarmasian di bidang pengadaan sediaan farmasi.
  2. Memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan kefarmasian di bidang produksi sediaan farmasi.
  3. Memiliki kemampuan dalam melakukan distribusi sediaan farmasi.
  4. Memiliki kemampuan dalam melakukan praktek asuhan kefarmasian di unit pelayanan.
  5. Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan menyelesaikan masalah kefarmasian.
  6. Memiliki karakter unggul untuk berperan sebagai pemberi layanan, pengambil keputusan, komunikator, pemimpin, manajer, pembelajar sepanjang hayat, pendidik, peneliti serta wirausahawan.

Kompetensi Utama

A) Kemampuan bidang kerja:

  1. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah terkait obat menggunakan pendekatan berbasis bukti dalam perancangan, pembuatan/penyiapan, pendistribusian, pengelolaan dan/atau pelayanan sediaan farmasi untuk mengoptimalkan keberhasilan terapi.
  2. Mampu menelusur, menganalisis secara kritis, mengorganisasikan informasi tentang sediaan farmasi dan mengkomunikasikan secara efektif pada individu dan masyarakat.
  3. Mampu melakukan praktik kefarmasian disupervisi oleh apoteker sesuai ketentuan perundang-undangan dan kode etik yang berlaku.

B) Penguasaan pengetahuan / keilmuan

  1. Menguasai teori, metode dan aplikasi ilmu dan teknologi farmasi (farmasetika, kimia farmasi, farmakognosi, farmakologi), konsep dan aplikasi ilmu biomedik (biologi, anatomi manusia, mikrobiologi, fisiologi, patofisiologi, etik biomedik, biostatistik), konsep farmakoterapi, pharmaceutical care, pharmacy practice, serta prinsip pharmaceutical calculation, epidemiologi, pengobatan berbasis bukti, dan farmakoekonomi.
  2. Menguasai pengetahuan tentang manajemen farmasi, sosio-farmasi, hukum dan etik farmasi, teknik komunikasi, serta prinsip dasar keselamatan kerja.

C) Kemampuan manajerial

  1. Mampu mengelola pekerjaan kefarmasian yang disupervisi apoteker, memimpin dan mengelola pekerjaan kelompok, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.
  2. Mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain terkait pekerjaan kefarmasian.
  3. Mampu menganalisis secara kritis masalah dalam pekerjaan kefarmasian, menyusun informasi/ide/laporan/pemikiran, dan secara efektif mengkomunikasikannya dalam berbagai bentuk media, kepada sejawat tenaga kesehatan lain dan atau masyarakat umum.
  4. Mampu mengevaluasi diri dan mengelola pembelajaran diri sendiri dalam upaya meningkatkan kemampuan pekerjaan teknis kefarmasian

Kompetensi pendukung lulusan

  1. Mampu menjalin hubungan interprofesional dalam mengerjakan pekerjaan teknis kefarmasian serta bertindak efektif dan efisien sesuai dengan kompetensinya.
  2. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kefarmasian, khususnya di bidang obat tradisional dan kosmetik yang menunjang industri pariwisata.
  3. Mampu melaksanakan prinsip kefarmasian dalam melaksanakan pekerjaan kefarmasian, yaitu penerapan ilmu farmasi pada pekerjaan kefarmasian sesuai dengan regulasi dan TUPOKSI tenaga teksnis kefarmasian untuk mewujudkan keselamatan pasien, menjaga mutu sediaan kefarmasian dan menerapkan prinsip – prinsip manajemen farmakoekonomi

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan

  1. Mampu bertindak secara bertanggungjawab dalam lingkungan masyarakat sesuai dengan aturan perundang-undangan, norma dan etika.
  2. Mempunyai mengedepankan budaya karakter unggul dan kemandirian dalam berorganisasi baik di dunia kerja maupun di masyarakat secara menyeluruh
  3. Mampu menjadi praktisi dan memiliki etika dengan lingkungan kerja dan masyarakat
  4. Mampu mengembangkan usaha mandiri di bidang kefarmasian sesuai prinsip-prinsip kewirausahaan